Keunggulan Teknik Elektro

Keunggulan Teknik Elektro


Saya adalah mahasiswa Telkom University jurusan Teknik Elektro. Saya memilih jurusan Teknik Elektro karena alasan tertentu. Alasan saya memilih jurusan ini tentunya karena keunggulannya. Banyak keunggungulan yang dimiliki jurusan ini. 

Teknik Elektro atau Electrical Engineering adalah ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron atau kelistrikan yang kemudian di aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Teknik elektro atau teknik listrik melibatkan konsep, percancangan, dan pengembangan dalam memproduksi perangkat listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Lulusan teknik elektro memiliki potensi dasar dan terapan dibidang kelistrikan, telekomunikasi, dan informatika. Skill yang didapatkan sangat luas, kalian bisa menekuni lebih serius lagi jika ingin menjadi seorang enginer karena ilmu teknik itu tidak terbatas dan cakupannya yang begitu luas. Bidang yang paling populer di Teknik Elektro ialah tenaga listrik (arus kuat). Tak heran banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri energi dan tenaga listrik sebagai tujuan utama. Meski demikian, prospek kerjanya terbilang sangat luas. Hampir seluruh industri membutuhkan Sarjana Teknik Elektro, mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, juga bio engineering.

Berbicara mengenai prospek kerja, seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro sangat dibutuhkan hampir di seluruh lini industri untuk menangani berbagai persoalan kelistrikan dan sistem peralatan elektronik. Lulusan Teknik Elektro banyak diperlukan berbagai perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik. Perusahaan-perusahaan dengan suplai tenaga listrik besar seperti pada industri minyak dan gas sangat membutuhkan lulusan Teknik Elektro. Tak ada yang  perlu di khawatiran dengan prospek kerja jurusan ini.

Komentar